banner

Selasa, 28 Agustus 2012

tugas (laporan kunjungan)

Ayo, baca laporan hasil pengamatan berikut ini.
LAPORAN HASIL PENGAMATAN
LOMBA KEBERSIHAN KELAS
Nama Kegiatan                  : Lomba Kebersihan Kelas
Tempat Kegiatan                : SDN Suka Makmur
Hari/Tanggal                      : Senin, 7 April 2008
Waktu                              : 07.00–10.00
Pengamat                         : Haikal Tarmidzi

Hasil Pengamatan :
Lomba Kebersihan Kelas
Pada hari Selasa tanggal 10 September 2007, SDN Suka Makmur mengadakan lomba kebersihan kelas. Lomba itu diadakan mulai pukul 07.00 - 10.00. Peserta lomba adalah kelas satu sampai kelas enam. Semua kelas membersihkan kelas dan menata kelas dengan rapi.
Setelah selesai lomba, kemudian diadakan penilaian. Jurinya adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan guru BP. Juara satu adalah kelas lima, juara dua kelas tiga, juara tiga kelas enam. Juara satu, mendapat hadiah sebuah jam dinding, tiga pot bunga hidup dan sebuah globe. Juara dua, mendapatkan sebuah jam dinding dan dua pot bunga hidup. Juara tiga, mendapatkan sebuah jam dinding dan sebuah pot bunga hidup.

Ayo, jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
1. Apa isi laporan pengamatan di atas?
2. Di mana laporan pengamatan tersebut dilakukan?
3. Kapan pengamatan tersebut dilakukan?
4. Siapa yang melakukan pengamatan tersebut?
5. Bagaimana hasil laporan pengamatan tersebut?

Senin, 27 Agustus 2012

FORMULIR


Pada suatu hari, misalnya ketika akan mendaftar sebagai peserta lomba, kamu akan mengisi formulir. Pada pembelajaran ini, kamu akan belajar mengisi formulir. Setelah pembelajaran ini, kamu dapat mengetahui jenis-jenis formulir, mengidentifikasi hal apa saja yang harus diisi dalam formulir, dan mengisi formulir sesuai keperluan dengan benar.
       Formulir adalah lembar atau surat yang harus diisi. Jenis formulir bermacam-macam, di antaranya formulir pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar riwayat hidup, dan slip tabungan. Nama lain formulir adalah blangko atau daftar isian. Ciri-ciri formulir adalah kertas (atau isian online) yang memuat jenis-jenis data yang harus diisi oleh pemakainya.
        Pada pelajaran ini, kamu akan belajar mengisi daftar riwayat hidup dan slip tabungan. Ketika kamu membaca sebuah buku, kamu biasanya akan menemukan daftar riwayat hidup penulisnya. Dari daftar riwayat hidup, kita akan mengetahui lebih banyak mengenai perjalanan kehidupan seseorang. Daftar riwayat hidup dapat berbentuk formulir atau berbentuk narasi. Biasanya, formulir daftar riwayat hidup digunakan untuk keperluan mendaftarkan diri atau pelengkap dalam surat lamaran pekerjaan. Hal-hal penting yang tercantum dalam daftar riwayat hidup adalah:
a. nama,                                                                                   
b. tempat tanggal lahir,
c. umur,
d. agama,
e. alamat,
f. riwayat pendidikan.
       Selain hal-hal tersebut, dapat pula kamu cantumkan hal lain yang menurutmu perlu, misalnya daftar prestasi, data keluarga, hobi, dan moto hidup. Selain daftar riwayat hidup, ada jenis formulir lainnya, di antaranya formulir untuk menabung di bank. Formulir ini diisi ketika kita akan menabung di bank. Formulir ini dinamakan juga slip tabungan. Slip tabungan bermacammacam, di antaranya slip setoran.  Hal yang harus kamu isi pada slip setoran tersebut adalah:
1. nama,
2. nomor rekening,
3. jumlah nominal uang yang akan kamu setor,
4. tanda tanganmu.

Perhatikan contoh slip berikut.



Contoh Kerangka Laporan Kunjungan


Ayo, baca laporan hasil kunjungan berikut ini.
LAPORAN HASIL KUNJUNGAN
Nama acara             : Karya Wisata untuk Menambah Pengetahuan
Tujuan lokasi           : Candi Prambanan
Peserta                      : Semua siswa kelas 6 SDN 06 Malang

1. Uraian singkat perjalanan:
a)    Pelaksanaan tanggal 27 Oktober 2007.
b)   Berangkat jam 06.00.
c)    Kami melewati kebun binatang Jurug Solo.
d)    Tiba di Candi Prambanan jam 09.30.
2. Hal yang menyenangkan:
a)    Tempatnya bersih.
b)   Candinya banyak sekali.
c)    Bisa melihat patung Roro Jonggrang dan Lembu Andini di dalam candi.
d)    Kami bertemu dengan juru kunci candi dan kami diceritakan kisah terjadinya
candi Prambanan.
e)    Kami membeli oleh-oleh untuk kenang-kenangan.
3. Hal yang menyedihkan:
a)    Banyak sekali pengunjung sehingga suasananya menjadi sumpek.
b)   Ada beberapa candi yang rusak
c)    Kurangnya pemandu wisata.
d)    Tamannya kurang terawat.
4. Saran-saran yang perlu:
a)    Sebaiknya candi yang rusak diperbaiki.
b)   Sebaiknya ditambah pemandu wisata.
c)    Sebaiknya tamannya dirawat.
Malang, 28 Juli 2010
Pelapor,

Kiki Amalia

Menyampaikan Pendapat




menanggapi v menyambut dan memperhatikan (ucapan, kritik, komentar, cinta
dsb dr orang lain); melayani: kita tidak perlu ~ kecaman negara asing yg ingin campur tangan urusan dl negeri kita;
pendapat n 1 pikiran; anggapan; 2 buah pemikiran atau perkiraan (tt suatu hal, spt orang, peristiwa); 3 ark orang yg mulamula mendapatkan (sesuatu yg tadinya belum ada atau belum diketahui); 4 kesimpulan
(sesudah mempertimbangkan, menyelidiki, dsb);

Tata cara mengkritik
Setiap orang mempunyai pendapat yang berbeda. Ketika kamu melihat atau mendengar sesuatu kamu tentu punya pendapat sendiri. Pendapatmu dapat disampaikan dalam bentuk kritik, saran, persetujuan, atau pujian. Ketika menyampaikanya, kamu harus menyertakan alasan. Menyampaikan kritik atau pujian pun harus dengan bahasa yang santun agar tidak menyinggung perasaan. Kritik atau pujian adalah bentuk penghargaan kita terhadap seseorang atau karya seseorang.
Mengkritik artinya memberikan tanggapan berupa kecaman. Biasanya disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap sesuatu. Dalam kamus Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar, memuji artinya menyatakan penghargaan yang tulus atas kebaikan atau keunggulan sesuatu.
Contoh pendapat
Menurut saya, perbuatan anak tersebut tidak baik. Ia seharusnya menyeberang jalan menggunakan jembatan penyeberangan. Perbuatannya sangat membahayakan dirinya. Ia bisa saja tertabrak mobil.
 Menurut saya, perbuatan tersebut sangat baik. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dilakukan dengan hal-hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya
Pernahkah kamu menyampaikan tanggapan dalam bentuk kritik atau pujian? Pada pelajaran ini, kamu akan belajar menanggapi sesuatu. Setelah pelajaran ini, kamu dapat mengamati peristiwa di sekitarmu dan mengidentifikasi peristiwa tersebut (baik atau buruk). Setelah itu, kamu dapat merumuskan tanggapan, menyusun alasan, dan menyampaikan tanggapan dengan bahasa yang sopan. Apa yang ada dalam pikiranmu ketika melihat kedua gambar tersebut? Baik atau burukkah perbuatan yang ditampilkan dalam gambar? Jika menurutmu baik, kamu dapat memuji perbuatan tersebut. Jika menurutmu buruk, kamu dapat mengkritik perbuatan tersebut.
Mengkritik Suatu Hal disertai Alasan
Tanggapan adalah sikap terhadap sesuatu yang terjadi. Kamu pasti pernah memberikan tanggapan. Tanggapan itu dapat berupa kritik. Kritik adalah tanggapan yang berisi tentang baik buruk suatu hal.
Ayo, perhatikan contoh berikut.
Di kelasmu dipasang vas bunga yang sudah rusak. Kamu mengkritik bahwa vas bunga itu tidak pantas dipasang di kelas, karena sudah rusak.
Agar kamu dapat menyampaikan tanggapan yang berupa kritik, perhatikan cara-cara berikut ini.
a)    Tanggapan harus sesuai dengan masalah yang ditanggapi.
b)   Disampaikan secara jelas. Artinya, kalimat yang kamu gunakan tidak boleh berbelitbel sehingga tidak membuat bingung.
c)    Dinyatakan dengan alasan yang masuk akal.
d)    Alasan yang digunakan harus tepat sehingga orang yang mendengar yakin dan percaya.
e)    Bahasa yang digunakan harus santun. Artinya, bahasa yang kamu gunakan tidak boleh menyinggung perasaan orang lain.
Menggunakan Kalimat Anjuran dan Permintaan
Kalimat anjuran dan permintaan digunakan untuk memberikan tanggapan. Kalimat tersebut berisi tentang alasan dan penyelesaian suatu masalah. Kalimat anjuran memakai kata supaya, agar, untuk atau guna. Kalimat permintaan memakai kata bagaimana kalau, bagaimana seandainya, misalnya, jikalau, seharusnya atau sebaiknya. Contoh penggunaan kalimat anjuran dan permintaan:
a. Saran
Berikut ini contoh kalimat saran terhadap berita flu burung agar orang yang punya unggas tidak tersinggung.
Bagaimana kalau unggas-unggas itu dibersihkan tiap hari supaya tidak menularkan flu burung.
b. Kritik
Berikut ini contoh kalimat kritikan terhadap berita tentang pembuangan sampah di sungai.
Seharusnya masyarakat tidak membuang sampah di sungai, guna mencegah banjir.
c. Permintaan
Berikut ini contoh kalimat permintaan terhadap berita tentang kerja bakti yang diadakan sebulan sekali di sekolah.
Bagaimana seandainya  kerja bakti diadakan dua minggu sekali supaya sekolah kita bersih.
d. Persetujuan
Berikut ini contoh kalimat persetujuan terhadap berita tentang perubahan jadwal latihan.
Usulmu masuk akal juga kalau latihannya diubah sore hari saja..
Kamu harus tahu, saat kamu mengkritik sesuatu sifatnya harus membangun. Artinya, sesuatu yang kamu kritik bisa menjadi lebih bagus lagi. Misalnya, kamu ingin mengkritik temanmu yang bajunya tidak dimasukkan. Katakan bahwa itu tidak rapi dan melanggar tata tertib sekolah. Jadi, temanmu harus memasukkan bajunya. Janganlah kamu memarahi temanmu karena akan menimbulkan sakit hati. Nah, sekarang kamu perhatikan cara mengkritik berikut ini.
a. Mengkritik harus sesuai dengan masalah.
b. Berikan alasan yang tepat saat mengkritik. Misalnya, mengkritik teman yang selalu terlambat masuk sekolah. Katakan kepada temanmu bahwa kalau ia terlambat terus itu namanya melanggar tata tertib sekolah. Temanmu harus berangkat lebih pagi agar tidak terlambat.
c.  Gunakan bahasa yang santun.
Artinya, bahasa yang kamu gunakan tidak menyinggung perasaan orang yang kamu kritik. Misalnya, mengkritik hasil gambar teman yang warnanya kurang. Katakan kepada temanmu bahwa warna gambarnya sudah bagus, tetapi masih kurang sedikit tebal. Jadi, temanmu harus menebalkannya agar lebih bagus. Kalimat itu tidak akan menyinggung perasaan temanmu. Janganlah kamu menghina gambaran temanmu bila kurang bagus. Akan tetapi, berikan kritik dengan bahasa yang santun, seperti contoh di atas.
d.  Jangan memaksakan kritikmu untuk diterima, tetapi dengarlah pendapat orang yang kamu kritik. Misalnya, mengkritik teman yang sangat boros. Katakan kepada temanmu bahwa boros itu tidak baik, lebih baik uangnya ditabung. Akan tetapi, jika temanmu tidak bisa menerima kritikmu karena dia anak orang kaya, kamu jangan memaksa. Sebagai teman, kamu sudah mengingatkan.

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified