banner

Senin, 27 Agustus 2012

FORMULIR


Pada suatu hari, misalnya ketika akan mendaftar sebagai peserta lomba, kamu akan mengisi formulir. Pada pembelajaran ini, kamu akan belajar mengisi formulir. Setelah pembelajaran ini, kamu dapat mengetahui jenis-jenis formulir, mengidentifikasi hal apa saja yang harus diisi dalam formulir, dan mengisi formulir sesuai keperluan dengan benar.
       Formulir adalah lembar atau surat yang harus diisi. Jenis formulir bermacam-macam, di antaranya formulir pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar riwayat hidup, dan slip tabungan. Nama lain formulir adalah blangko atau daftar isian. Ciri-ciri formulir adalah kertas (atau isian online) yang memuat jenis-jenis data yang harus diisi oleh pemakainya.
        Pada pelajaran ini, kamu akan belajar mengisi daftar riwayat hidup dan slip tabungan. Ketika kamu membaca sebuah buku, kamu biasanya akan menemukan daftar riwayat hidup penulisnya. Dari daftar riwayat hidup, kita akan mengetahui lebih banyak mengenai perjalanan kehidupan seseorang. Daftar riwayat hidup dapat berbentuk formulir atau berbentuk narasi. Biasanya, formulir daftar riwayat hidup digunakan untuk keperluan mendaftarkan diri atau pelengkap dalam surat lamaran pekerjaan. Hal-hal penting yang tercantum dalam daftar riwayat hidup adalah:
a. nama,                                                                                   
b. tempat tanggal lahir,
c. umur,
d. agama,
e. alamat,
f. riwayat pendidikan.
       Selain hal-hal tersebut, dapat pula kamu cantumkan hal lain yang menurutmu perlu, misalnya daftar prestasi, data keluarga, hobi, dan moto hidup. Selain daftar riwayat hidup, ada jenis formulir lainnya, di antaranya formulir untuk menabung di bank. Formulir ini diisi ketika kita akan menabung di bank. Formulir ini dinamakan juga slip tabungan. Slip tabungan bermacammacam, di antaranya slip setoran.  Hal yang harus kamu isi pada slip setoran tersebut adalah:
1. nama,
2. nomor rekening,
3. jumlah nominal uang yang akan kamu setor,
4. tanda tanganmu.

Perhatikan contoh slip berikut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified